Home

Hari Pertama Masuk Kerja, Sejumlah PNS Kebumen Nitip Absen

Print
User Rating:  / 0
PoorBest 
Published Date

KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Tingkat kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Kebumen pada hari pertama masuk kerja, Rabu (22/7/2015) setelah libur Lebaran terbilang cukup tinggi. Pasalnya, dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diinspeksi mendadak (Sidak) oleh Tim Sidak Pemkab Kebumen, tingkat kehadiran PNS mencapai diatas 95 persen. Bahkan, beberapa SKPD tingkat kehadirannya mencapai 100 persen.

Meski berdasarkan absendi tingkat kehadiran sangat tinggi, namun sayangnya banyak PNS yang tidak hadir secara fisik. Akan tetapi tak sedikit yang hanya nitip absen. Pantauan Kebumen Ekspres, hampir di semua SKPD yang disidak ada saja PNS yang menandatangani daftar absensi lebih dari satu nama.

 

Bahkan mereka secara terang-terangan melakukan itu di depan tim gabungan yang terdiri dari Asisten Sekda, Bagian Organisasi Setda Kebumen, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Satpol PP. Seolah mengizinkan, tim sidak pun membiarkan aksi tidak terpuji tersebut.

Tim Sidak sendiri dibagi ke dalam tiga tim, yakni Tim I dipimpin oleh Kepala Satpol PP RAI Ageng Sulistyo, Tim II dipimpin oleh Asisten 1 Sekda Mahfud Fauzi, dan Tim III dipimpin oleh Asisten 3 Sekda Dyah Woro Palupi.

Dari hasil sidak diketahui, diantaranya di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) terdapat dua PNS tidak datang pada hari pertama masuk kerja tanpa keterangan. Selain itu, terdapat tiga PNS tidak masuk karena cuti, satu PNS izin karena suaminya dirawat di rumah sakit, dan satu PNS tidak hadir namun izin melalui pesan singkat (SMS).

Hampir sama dengan di DPPKAD, di Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagsar), terdapat satu PNS tidak masuk kerja karena cuti, dan dua PNS membolos tanpa keterangan jelas. Ironisnya, dua PNS yang membolos itu satu diantaranya merupakan pejabat struktural.

Yang hebat, di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Kesehatan, serta Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Di tiga tempat tersebut, berdasarkan daftar absensi tingkat kehadirannya mencapai seratus persen.

Asiten 1 Sekda, Mahfud Fauzi, mengatakan PNS di lingkungan Pemkab Kebumen diminta untuk disiplin dan tak perpanjang liburan Lebarannya. Untuk memastikan hal itu, pihaknya menggelar sidak yang digelar secara serentak.

 "Terhadap yang tidak hadir kita serahkan ke kepala SKPD untuk melakukan pembinaan. (Pertama) ditegur  secara lisan," kata Mahfud Fauzi, disela-sela memimpin sidak.

Ia menegaskan, terhadap PNS yang tidak disiplin dan  tidak masuk kerja kembali sesuai jadwal  tanpa alasan jelas, pimpinan instansi dimaksud untuk mengambil langkah-

Langkah  penegakan disiplin. Serta memberikan sanksi tegas sesuai  Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang  disiplin  pegawai Negeri Sipil.

Tak hanya memberikan sanksi terhadap PNS yang tidak disiplin, Pemkab Kebumen juga memberikan reward terhadap PNS yang rajin. Seperti yang dilakukan di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kebumen, sebanyak sepuluh PNS yang hadir paling gasik mendapat hadiah langsung dari Sekda Adi Pandoyo. Hadiah langsung tersebut berupa berbagai perabotan rumah tangga, seperti magicjar dan lain sebagainya.

Adapun PNS yang mendapat penghargaan khusus kemarin, yaitu Ahmad Badri (Bagian Kesra), Reman (Bagian Umum), Muhari (Bagian Perekonomian), Kharifin Mubarok (Bagian Humas dan Protokol), Marmin (Bagian Umum). Selanjutnya, Sunaryo (Bagian Hukum), Haryono (Bagian Perekonomian), Muhadi (Bagian Hukum), dan Eti Rokhyatun (Bagian Humas dan Protokol)."Untuk memotivasi mereka saja," tandas Sekda Adi Pandoyo.(ori)

 

sumber : http://www.kebumenekspres.com/2015/07/hari-pertama-masuk-kerja-sejumlah-pns.html

Who's Online

We have 10 guests and no members online

Saturday the 21st. (c) 2013 by Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kebumen
QualityJoomlaTemplates.com