Kabupaten Kebumen
Kepala BKD Kab. Kebumen


SUPRIYANDONO,S.H

Salam Kepegawaian!

PERSYARATAN USUL KENAIKAN PANGKAT

1. Untuk jenis kenaikan pangkat REGULER bagi golongan 1 s/d IV harus melampirkan :
– Foto Copy Kartu Pegawai ( KARPEG)
– Foto Copy SK Pangkat Terakhir dan Foto copy SK Penetapan NIP baru (bagi yang sudah memiliki) serta SK CPNS / PNS bagi yang pertama kali naik pangkat;
– Foto Copy Ijasah Terakhir;
– Foto Copy STLUD / Diklat Struktural bagi usul kenaikan pangkat yang pindah golongan (gol II ke Gol III dan Gol III ke Gol IV)
– Foto Copy DP3 dua tahun terakhir.
2. Untuk Jenis Kenaikan Pangkat PILIHAN ;
a. Bagi yang menduduki Jabatan Struktural harus melampirkan syarat-syarat sbb :
– Foto Copy Kartu Pegawai ( KARPEG)
– Foto Copy SK Pangkat Terakhir dan Foto copy SK Penetapan NIP baru (bagi yang sudah memiliki);
– Foto Copy SK Jabatan dan Surat Pernyataan Pelantikan;
– Foto Copy Ijasah Terakhir;
– Foto Copy STLUD / Diklat Struktural bagi usul kenaikan pangkat yang pindah golongan ( gol II ke Gol III dan Gol III ke Gol IV)
– Foto Copy DP3 dua tahun terakhir.
b. Bagi yang menduduki Jabatan Fungsional harus melampirkan syarat-syarat sbb :
– Foto Copy Kartu Pegawai ( KARPEG)
– Foto Copy SK Pangkat Terakhir dan Foto copy SK Penetapan NIP baru (bagi yang sudah memiliki) serta SK CPNS/PNS bagi yang pertama kali naik pangkat;
– Foto Copy SK Jabatan Fungsional;
– Penetapan angka Kredit Terakhir ( PAK ASLI);
– Foto Copy Penetapan angka Kredit sebelumnya ( PAK LAMA);
– Foto Copy Ijasah Terakhir;
– Foto Copy DP3 2 (dua) tahun terakhir;
– Bagi PNS yang mengalami perubahan Pendidikan harus melampirkan Surat Ijin Belajar dan Surat Ijin Penggunaan Gelar;
c. Bagi yang selesai melaksanakan Tugas Belajar usulan kenaikan pangkat penyesuaian ijasahnya harus melampirkan syarat-syarat sbb :
– Foto Copy Kartu Pegawai ( KARPEG)
– Foto Copy SK Pangkat Terakhir dan Foto copy SK Penetapan NIP baru (bagi yang sudah memiliki);
– Foto Copy Ijasah Terakhir;
– Foto Copy SK Tugas Belajar;
– Foto Copy DP3 dua tahun terakhir;
– Surat Keterangan Uraian tugas yang dibuat oleh pimpinan unit kerja masing-masing;
d. Bagi yang Ijin Belajar usulan kenaikan pangkat penyesuaian ijasahnya harus melampirkan syarat-syarat sbb :
– Foto Copy Kartu Pegawai ( KARPEG)
– Foto Copy SK Pangkat Terakhir dan Foto copy SK Penetapan NIP baru (bagi yang sudah memiliki);
– Foto Copy Ijasah Terakhir;
– Foto Copy Surat ijin Belajar;
– Foto Copy surat ijin penggunaan Gelar;
– Surat Keterangan Lulus ujian penyesuaian ijasah;
– Foto Copy DP3 dua tahun terakhir;
– Surat Keterangan Uraian tugas yang dibuat oleh pimpinan unit kerja masing-masing;
e. Bagi PNS yang usul kenaikan pangkatnya mengalami perubahan Pendidikan atau Penyesuaian ijasah dan ijasahnya diperoleh karena ijin belajar maka harus melampirkan Asli Surat Keterangan dari Pimpinan Perguruan Tinggi/Rektor. Surat keterangan tersebut terdiri dari antara lain :
1. Surat Keterangan tidak pernah menyelenggarakan kelas jauh dan atau kelas Sabtu Minggu.
2. Surat Keterangan belum pernah mendapat teguran dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ( DIKTI ).
Khusus Ijasah yang dikeluarkan oleh Universitas Terbuka ( UT ) tidak perlu dilampiri sebagaimana tersebut diatas.

3. 1. Persyaratan sebagaimana tersebut pada angka 1 dan 2 masing-masing dibuat :
a. Rangkap 2 (dua) untuk kenaikan Pangkat sampai dengan Gol/Ruang III/d;
b. Rangkap 3 (tiga) untuk kenaikan Pangkat Gol/Ruang IV/a dan IV/b;
c. Rangkap 4 (empat) untuk kenaikan Pangkat Gol/Ruang IV/c keatas;
2. Semua Foto Copy tersebut diatas cukup dilegalisir oleh Pimpinan Unit Kerja / Instansi masing-masing, kecuali Foto Copy Ijasah yang baru pertama kali akan digunakan untuk usul kenaikan pangkat harus dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
3. Surat dan berkas persyaratan usul kenaikan pangkat dialamatkan kepada Bupati Kebumen Cq. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kebumen dengan menyertakan Daftar Nominatif usul kenaikan Pangkat.
Paling lambat bulan Mei untuk periode 01 OKTOBER
Paling lambat bulan Januari untuk periode 01 APRIL
4. Perlu diketahui dan mendapat perhatian bahwa sebelum daftar nominatif dan berkas dikirim ke kanreg I BKN Yogyakarta, Gubernur / BKD Provinsi Jawa Tengah, Sekretariat Negara dan Presiden serta BKN Pusat kami masih memerlukan waktu untuk penelitian berkas dan pengetikan Nota Persetujuan Teknis Kenaikan Pangkat, Sidang Baperjakat. Untuk itu apabila pengiriman berkas persyaratan mengalami keterlambatan, maka akan dialihkan / ditunda untuk periode berikutnya.