Seleksi Tenaga Kesehatan non PNS menggunakan CAT di BKPPD Kabupaten Kebumen

Dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen melaksanakan pengadaan Pegawai Non PNS pada UPTD Puekesmas Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2020 untuk Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis. Pengadaan pegawai dimaksud, diumumkan secara terbuka dengan disampaikannya pengumuman baik di Dinas Kesehatan maupun di Puskesmas. Setelah  diumumkan secara terbuka, maka tahapan selanjutnya adalah seleksi. Adapun tahapan seleksi berupa seleksi administrasi, seleksi kompetensi dan wawancara. Selanjutnya, setelah melewati tahapan seleksi administrasi, bagi peserta yang lolos maka akan memasuki tahapan selanjutnya yaitu seleksi kompetensi. Seleksi Kompetensi dilaksanakan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKPPD, dengan materi tes berupa tes kompetensi umum dan tes kompetensi bidang, sesuai jabatan yang dilamar. 

Tes CAT dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 5 dan 6 Desember 2020. Adapun penyelenggara utama adalah Dinas Kesehatan, sedangkan BKPPD memfasilitasi penyelenggaraan tes CAT dimaksud.

Tes CAT dimaksudkan untuk memperoleh Pegawai Non PNS yang kompeten di bidangnya dengan cara yang transparan dan akuntabel. Dari 424 peserta tes, diambil 267 orang,  yang merupakan jumlah dari 3 kali formasi yang dibutuhkan. 267 orang tersebut nantinya akan mengikuti tahapan seleksi berikutnya yakni tes wawancara.

Tes CAT di BKPPD, dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan, baik sebelum maupun sesudah tes, yakni memakai masker, memakai hand sanitizer, menjaga jarak dan sebelum memasuki area Gedung CAT, peserta terlebih dahulu diukur suhunya. Dan apabila ada peserta yang terkonfirmasi positif Covid 19, dilaksanakan ujian jarak jauh melalui zoom meeting, dengan tetap mendapatkan pengawasan dari panitia seleksi. Skor nilai tes CAT ditempel di papan pengumuman setiap selesai per sesinya, dari 10 sesi yang dilaksanakan dalam 2 hari tersebut.

Sekda Kabupaten Kebumen Bapak H. Ahmad Ujang Sugiono, SH berkenan melakukan monitoring pada saat ujian CAT berlangsung di hari pertama, 5 Desember 2020. Pada kesempatan tersebut, beliau didampingi oleh Inspektur Kabupaten Kebumen Ibu Dra. Dyah Woro Palupi, Kepala Bappeda Ibu Ir. Pudji Rahayu, Kepala BKPPD Bapak Drs. Asep Nurdiana, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan, Bapak dr. H.A. Dwi Budi Satrio dan Kepala Bagian Hukum, Ibu Ira Puspita Sari, SH, M.Ec Dev, serta tidak lupa Sekretaris Dinas Kesehatan, para Kepala Bidang serta pejabat struktural dan pelaksana di lingkungan Dinas Kesehatan selaku Panitia Penyelenggara seleksi. Berkat dukungan semua pihak, tes CAT berjalan dengan baik dan lancar. Harapan ke depan, CAT BKPPD dapat difungsikan secara maksimal sebagai sarana peningkatan kompetensi dan pengembangan Sumber Daya Manusia ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kebumen.