Kabupaten Kebumen
Kepala BKD Kab. Kebumen


SUPRIYANDONO,S.H

Salam Kepegawaian!

Kepala BKN : Seberapa Besar Komitmen Organisasi untuk Pengembangan SDM?

Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat menjadi pembicara dalam Seminar Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Badan Narkotika Nasional (BNN), Rabu (16/12/2015). (Doc:Kis)

Humas BKN, “Apa yang menjadi faktor utama atau terpenting dalam sebuah organisasi, dan seberapa besar komitmen atau perhatian kita akan faktor terpenting tersebut?”. Dua pertanyaan tersebut diajukan oleh Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat menjadi pembicara dalam Seminar Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Badan Narkotika Nasional (BNN), Rabu (16/12/2015). Menjawab pertanyaan pertama, para audien menjawab dengan Sumber Daya Manusia (SDM). Adapun menanggapi jawaban kedua, audien nampak kebingungan untuk menjawabnya. Bima menjelaskan bahwa semua sepakat akan pentingnya peran manusia dalam organisasi, namun mengapa peningkatan dan pengembangan SDM dalam organisasi menjadi bagian paling akhir ketika adanya penghematan, justru biaya diklat menjadi pos pertama penghematan. Oleh karenanya, Bima mengharapkan agar pejabat BNN bisa memperhatikan pengembangan SDM di instansinya untuk perkembangan organisasi ke depan.

Bima juga menambahkan bahwa kemampuan dalam bahasa asing dan pemahaman teknologi juga mutlak diperlukan bagi terlebih BNN sangat erat dengan pemberantasan peredaran narkoba lintas Negara. “Kemampuan bahasa Inggris menjadi syarat mutlak jika kita ingin berkancah di tingkat global. Apabila kemampuan bahasa asing tidak ada, maka lupakan berkancah di dunia global,” tegas Bima. Bima menambahkan bahwa sebagai faktor terpenting dalam organisasi, pengelolaan SDM perlu dilakukan secara efektif, terencana dan terarah, sehingga apabila hal-hal itu dapat dilakukan, maka SDM profesional diharapkan akan muncul di dalam organisasi. fuad